Selasa, 20 Januari 2015

Filled Under:

Konsultasi Pendidikan Bersama: Drs. Bambang Setiawan MM (Profesional Trainer dan Motivator NLP)

Kenapa perlu menyekolahkan anak ke sekolah unggulan?
(
Konsultasi Pendidikan Bersama: Drs Bambang Setiawan MM, 
Profesional Trainer dan Motivator NLP) 

Ada kegiatan yang umumnya dilakukan oleh kebanyakan orang tua di setiap awal tahun, yakni memilih-milih sekolah untuk sang buah hati. Betapa tidak, kegiatan ini cukup menyita perhatian sebagai wujud betapa pentingnya pengaruh sekolah terhadap masa depan anak.

Saya mereka-reka apabila ditanyakan kepada para orang tua apa yang mereka inginkan dari sebuah sekolah bagi putra-putrinya, kemungkinan besar meraka mempunyai kriteria sekolah setidaknya sebagai berikut:
1.      Sekolah yang dapat membuat anak memiliki kebiasaan yang baik.

2.      Sekolah yang dapat membuat anak memiliki prestasi akademik di atas rata-rata
3.      Sekolah yang dapat membuat anak terbiasa melakukan interaksi (membaca, menghafal, mentadabburi, mengamalkan) dengan Al Quran.

Hakikat pendidikan adalah perubahan. Artinya melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Aspek yang paling terlihat adalah perubahan kebiasaan siswa. Dari seluruh level pendidikan dari mulai TK sampai SMA bahkan perguruan tinggi, aspek perubahan akan selalu menjadi faktor penting.

Perubahan dalam sikap dan perilaku (baca: akhlak) akhir-akhir ini menjadi salah satu tujuan utama para orang tua dalam memilih sekolah. Hal ini terjadi sangat mungkin dikarenakan semakin banyaknya peristiwa tawuran di kalangan pelajar SMP dan SMA. Sebab lainnya adalah pengaruh lingkungan eksternal yang tidak terkendali terutama yang terakses dengan dunia internet.

Kemampuan akademis tidak dapat dipungkiri sebagai pertimbangan lain yang juga penting dalam memilih sekolah. Orang tua mana yang tidak bangga jika memiliki putra-putri yang bisa mewakili sekolah dalam olimpiade sains misalnya. Demikian juga halnya dengan kedekatan anak dengan Al Quran, menjadi pertimbangan penting dalam memilih sekolah.

Pertanyaan berikutnya bagaimana kita dapat mengetahui apakah sebuah sekolah sudah memenuhi kriteria tersebut di atas?

Di sinilah perlunya orang tua melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui prestasi apa saja yang sudah diraih oleh sebuah sekolah, dan bukan sekedar melihat-lihat gedungnya yang megah, ruang kelas ber-AC, dan sebagainya. Tapi juga diamati bagaimana akhlak siswa siswinya. Kalau perlu berdialoglah dengan mereka sehingga walaupun secara acak kita dapat mengetahui bagaimana mereka berbicara dan bersikap.
Orang tua juga dapat mengamati berapa banyak kejuaraan yang dapat diraih oleh sekolah tersebut. Hal ini dapa dilihat dari piala-piala yang biasanya terpampang di ruang tamu. Bagaimana halnya dengan kedekatan siswa-siswi dengan al quran? Orang tua dapat melihatnya dari program sekolah yang berkaitan dengan Al Quran. Misalnya program tahsin dan tahfidznya seperti apa. Apakah sudah berjalan dengan baik. Selain itu dapat juga dilihat dari pencapaian siswa-siswa atas program tersebut.

Jadi, kembali ke pertanyaan kenapa perlu menyekolahkan anak ke sekolah unggulan? Jika yang dimaksud unggulan itu adalah sekolah yang unggul dalam aspek-aspek berikut ini:
  1. Kurikulum yang menjangkau seluruh aspek domain pendidikan secara seimbang yakni kognitif, afektif, dan psikomotor plus yang dapat mendekatkan siswa-siswinya dengan Al Quran;
  2. Kreativitas guru yang dapat menyesuaikan metodologi mengajar yang mampu mengantarkan setiap level tujuan pembelajaran kepada siswa-siswinya secara tepat dan efisien;
  3. Manajemen sekolah yang mendukung dan menfasilitasi setiap program-program kerja sekolah sehingga berjalan dengan sebaik-baiknya;
Maka menyekolahkan siswa-siswi ke sekolah unggulam merupakan keniscayaan.  

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.